Senin, 07 Juli 2014

SHS ( Solar Home System )

 
Solar Home system merupakan suatu pembangkit listrik tenaga surya berskala kecil yang terdiri dari komponen panel surya, Baterai charger controller, baterai, dan inverter. Beban yang dipasang pada pembangkit berskala kecil ini dapat berupaa lampu florescent, radio, televisi berwarna yang dioperasikan dalam 4 atau 5 jam setiap hari.

Panel surya yang banyak digunakan untuk Solar home system dalam skala kecil ini biasanya bervariasi dari 50 watt – 200 watt. Baterai dibutuhkan dalam pembangkit ini dengan tujuan pada saat malam hari ataupun selama cuaca hujan sehingga tidak terdapat sinar matahari, listrik masih dapat dimanfaatkan.

Instalasi Solar Home System (SHS) ada dua macam, yaitu off grid (stand alone) serta on grid.  Off grid adalah instalasi SHS dengan membuat jaringan tersendiri yang berbeda dengan jaringan listrik dari PLN. sedangkan instalasi on grid maka  jaringan listrik SHS dan PLN terhubung menjadi satu.
Konsep Kerja Solar Home System
Pada dsarnya Solar Home System adalah bentuk applikasi dari tenaga surya, pembangkit listrik tenaga surya itu konsepnya sederhana. Yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik, chaya matahari merupakan salah satu bentuk energi dari sumber daya alam. Sumber daya alam matahari sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi panel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan.
Dibandingkan genarator listrik ada yang berputar dan memerlukan bahan bakar untuk dapat menghasilkan listrik, suaranya bising. Salain itu gas buang yang dihasilkan dapat menimbulkan efek gas rumah kaca ()green house gas) yang pengaruhnya dapat merusak ekosistem mahluk hidup di muka bumi.
Sistem sel surya yang digunakan dipermukaan bumi terdidi dari panel surya, rangkaian kontroler pengisian (charger controller)  dan aki (batere) 12 Valt yang maintenance free. Panel surya merupakan modul yang terdiri dari beberapa sel surya yang digabung dalam hubungkan seri dan pararel tergantung ukuran dan kapasitas yang diperlukan. yang sering dugunakan adalah modul 50Wp. modul surya itu menghasilkan energi listrik yang proposional dengan luas permukaan panel yang terkena sirnar matahari.
Rangkaian controller pengisian aki dalam sitem sel surya itu merupakan rangkain electronic yang mengatur proses pengisian akinya. kontroler ini dapat mengatur tegangan aki dlam selang tegangan 12 Volt plus minus 10 persen.


Komponen-Komponen Solar Home System

1. Solar Modul

Apa itu solar call?
Sebelum mebahas sistem pembangkit listrik tenaga surya. pertama-tama akandijelaskan secara singkat komponen penting dalam sistem ini yang berfungsi sebagai perubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik . listrik  tenaga matahari dibangkitkan  oleh komponen disebut solar cell . Komponen ini mengkoversikan energi dari cahaya matahari menjadi listrik. Solar cell merupakan komponen vital yang umumnya terbuat ari bahan semi konduktor.
Tenaga solar cell yang dihasilkan sangat kecil maka beberapa solar cell harus digabungkan sehinga terbentuklah satuan komponen yang disebut modul. produk yang dikeluarkan oleh industri solar cell adalah dalam bentuk modul in, pada applikasinya karena tenaga listrik yang dihasilkan oleh satu modul masih cukup kicil rata-rata maksimum tenaga listrik yang dihasilkan 130W per 12 Jam maka dalam pemampaatannya beberapa modul digabingkan dan terbentuklah apa yang disebut array. Sebagai contoh untuk menghasilkan listrik sebesar 3Kw dibutuhkan array seluas 20-30 meter persegi, secra lebih. Besarnya kapasitas PLTS yang ingin dipasang menambah luas area pemasangan
2. AC Module
Seperti yang diterangkan diatas modul adalah kompunen yang merubah enrgi caha menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan adalah DC  dirubah menjadi AC. Untuk diubah maka listrik DC dari beberapa modul digabungkan dan dikonversikan menjadi AC dengan alat yang disebut Power Conditioner. Karena menggabungkan listrikk dari beberapa modul maka sistem pngkabelan menjadi rumit dan kapasitas yang dibutuhkan dari power conditioner nya menjadi besar. Untuk mengatsi persoallan ini , maka dikembangkan apa yang disebtu AC Module, yaitu modul yang langsung menghasilkan listrik AC. Secara prinsip tidak ada perubahan yang terjadi, namun secara tegnologi diperlukan power conditioner bersekala kecil yang dapat dipasangkan dibelakang modul. Contoh Power Conditioner  yang sekarang banyak dipasaran

3. Controller

Controller/Charger regulated adalah alat elektronic pada system Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS). Berfungsi mengatur lalu lintas listrik dari modul surya Ke Battrey/Accu apabila battrey/accu sudah penuh maka listrik dari modul surya ke battrey/accu (apabila battrey/accu sudah penuh maka listrik dari panel surya tidak akan dimasukan kebattrey dan sebaliknya) dan dari battrey/accu ke beban (apabila listrik dalam battrey/accu tinggal 30_50% maka listrik listrik kebeban otomatis dimatikan.

4. Battrey/Accu
Komponen yang sangat penting dalam solar home system application dimana battrey/accu berperan sebagai alat yang menampung/menyimpan listrik yang dihasilkan oleh modul suya, dan battrey/accu yang smestinya digunakan adalah jenis VRLA atau battrey yang memiliki Deep Cycle  yang tinggi. karena sistem kerja battrey untuk tenaga surya berbeda dengan sistem kerja aki mobil. sistem kerja battrey tenaga surya pengurasannya perlahan namun dengan pengisian yang perlahan juga, berbeda dengan aki mobil yang pengurasan listriknya sampai habis tetapi dlam waktu singkat/cepat mengechas lagi sampai penuh

4. Beban Listrik/kompenen yang akan di gunakan untuk listrik

Beban listrik untuk solar home system pada umumnya hanya berupa lampu hemat energi karena untuk beban yang cukup besar panel surya belum mampu memenuhinya. Maka dari itu panel surya hanya cocok untuk daerah yang terpencil yang belum mendapat pasokan listrik dari PLN. Karena umumnya mereka hanya membutuhkan penerangan untuk menunjang kelayakan hidup mereka.